Situs tentang informasi kumpulan resep masakan yang enak dan nikmat. berbagai resep makanan dan minuman terbaik bisa kamu temukan disini.

Cara Membuat Telur Asin Lezat

Cara Membuat Telur Asin Lezat. Telur asin merupakan sebuah makanan berbahan dasar telur yang telah diawetkan dengan cara pengasinan. Umumnya telur yang diproses buat telur asin yaitu telur itik walaupun tidak menutup kemungkinan juga bisa menggunakan telur-telur lainnya seperti ayam.

Di daerah pulau Jawa banyak yang memproduksi telur asin, telur asin yang dipilih biasanya telur yang mempunyai ciri khas cangkang berwarna hijau kebiru-biruan. Makanan ini termasuk kategori makanan praktis karena bisa langsung dimakan tanpa nasi, dan bisa bertahan sampai sekitar 1 bulan atau selama 30 hari.

Telur asin rasanya gurih dan lezat. Hampir kebanyakan kalangan mulai anak-anak sampai orang dewasa menggemari telur asin. Disamping rasanya yang enak telur asin juga banyak mengandung gizi, salah satunya yaitu mengandung protein, lemak, mineral, asam amino, kalsium, yodium, magnesium, kalium, serta vitamin D. Cara membuat telur asin tidaklah sulit, anda bisa mempraktekkannya sendiri di rumah. Apabila anda masih bingung maka alangkah baiknya anda menyimak dulu resep telur asin dari saya ini, semoga bisa bermanfaat.


Cara Membuat Telur Asin Lezat

Bahan-bahan

* 30 butir telur bebek yang berkwalitas baik
* 1,5 liter bubuk batu bata merah atau abu gosok
* 1,5 kg garam dapur
* 3 liter air dari larutan daun teh
* air bersih secukupnya

Alat-alat untuk membuat telur asin

* kwali tanah atau panci
* ember plastik
* amplas halus
* kompor
* alat pengaduk
* alat penyimpan telur atau toples

Cara membuat telur asin

1. Pilih telur yang berkwalitas baik
2. Cuci telur atau dilap dengan menggunakan air hangat kemudian dikeringkan
3. Biar hasilnya lebih bagus telur diamplas terlebih dahulu biar pori-poringa terbuka
4. Buat adonan untuk pengasinan yang berupa bubuk bata merah dan garam dengan perbandingan sama ( 1 : 1 ), atau bisa juga menggunakan abu gosok sebagai gantinya bubuk bata merah
5. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai adonan berbentuk pasta
6. Bungkuslah telur dengan adonan satu persatu secara merata dengan ketebalan sekita 1-2 mm
7. Simpan telur dalam ember plastik atau kwali tanah selama sekitar 15-20 hari, usahakan agar telur jangan sampai pecah, simpan di tempat yang terbuka dan bersih
8. Kemudian bersihkanlah telur dari adonan tersebut lalu rebus sampai matang
9. telur asin siap untuk dinikmati.

Demikianlah cara membuat telur asin lezat. Bagaimana mudah sekali bukan untuk membuatnya. Semoga resep diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Telur Asin Lezat