Situs tentang informasi kumpulan resep masakan yang enak dan nikmat. berbagai resep makanan dan minuman terbaik bisa kamu temukan disini.

Resep Pepes Ikan Mas Lezat Dan Mudah

Resep Pepes Ikan Mas. Ikan mas adalah salah satu jenis ikan hias yang banyak dibudidayakan oleh sebagian orang, disamping sebagai ikan hias ikan mas ini juga bisa dikonsumsi layaknya jenis ikan lainnya, bisa dibuat bermacam-macam kuliner yang terbuat dari ikan mas, salah satunya yaitu pepes ikan mas.

Masakan pepes adalah salah satu menu masakan khas nusantara, banyak sekali macam-macam pepes, baik iti pepes kelapa, pepes ayam, pepes ikan dan pepes lainnya. Pada kesempatan kali ini yang kan saya bahas yaitu tentang resep pepes ikan mas.

Biar tidak terlalu panjang lebar langsung saja kita ke pembahasan topik tentang bagaimana cara membuat pepes ikan mas ini, sebenarnya tidak sulit kalau kita benar-benar serius mau mencobanya. Berikut resep pepes ikan mas yang kami sajikan.
Resep Pepes Ikan Mas Lezat Dan Mudah

Bahan-bahan

* 1 kg ikan mas segar
* 10 buah cabe rawit
* 5 lembar daun salam
* 2 buah jeruk nipis
* 2 liter air
* 2 sdm minyak goreng
* garam secukupnya
* daun pisang secukupnya
Baca juga resep ikan pindang

Diiris-iris

* 3 buah cabe besar
* 6 ruas jahe
* 3 ruas kunyit
* 10 siung bawang putih
* 10 butir bawang merah
* 2 buah daun serai
* 2 batang daun bawang
* 2 ruang lengkuas

Haluskan kemudian pisah menjadi 2 bagian

* 10 buah kemiri
* 4 butir bawang merah
* 2 siung bawang putih
* 1 sdt gula merah
* 1 sdt terasi
* 1 sdt minyak sayur
* 1 sdt garam
* 1 sdt penyedap rasa

Cara mebuat pepes ikan mas

1. Bersihkan isi perut ikan mulai ingsan sa sampai sisiknya. lumuri dengan air jeruk dan garam lalu diamkan 10 menit.
2. Campurkan sebagian dari bumbu halus dan bumbu iris, potongan daun pisang disiapkan, lumuri ikan dengan sebagian bumbu halus hingga merata lalu letakkan di atas daun.
3. Taburkan dengan campuran bumbu halus dan bumbu iris tersebut. Masukkan sedikit pula bumbu halus ke dalam perut ikan, masukkan juga daun salam cabe rawit.
4. Bungkus dengan daun pisang yang rapi dan sematkan dengan lidi.
5. Panci presto disiapkan dengan diisi air 2 liter dan 2 sdm minya sayur, masukkan bungkusan ikan dan tutup rapat, lalu masak 1 jam hingga air kering, angkat dan siap untuk disajikan.

Demikianlah resep pepes ikan mas lezat dan mudah. Bagaimana sahabat mudah sekali bukan untuk membuat pepes ikan mas. Semoga resep diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Pepes Ikan Mas Lezat Dan Mudah