Situs tentang informasi kumpulan resep masakan yang enak dan nikmat. berbagai resep makanan dan minuman terbaik bisa kamu temukan disini.

Resep Nasi Tumpeng Sederhana

Resep nasi tumpeng sederhana. Nasi tumpeng merupakan nasi yang biasanya digunakan ketika ada upacara adat atau tradisi disuatu daerah di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, masyarkat Indonesia sangat kuat akan budayanya. Dalam perayaan acara adat nasi tumpeng menjadi menu wajib yang harus ada.

Nasi tumpeng juga tidak hanya digunakan ketika upacara adat saja, namun nasi tumpeng juga sering digunakan sebagai syukuran seperti syukuran ulang tahun dan lain sebagainya. Nasi tumpeng sebenarnya sama dengan nasi kuning, yang membedakan hanyalah nasi tumpeng dibentuk tumpeng atau kerucut.

Nasi tumpeng biasanya di lengkapi lauk seperti ayam goreng, telur dadar, sampal kering, kering tempe, bergedel dan berbagai lauk lainnya. Berbicara nasi tumpeng kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas bagaimana cara pembuatannya. Nah dalam kesempatan kali ini cemilan rakyat akan membahas tentang cara membuat nasi tumpeng sederhana. Berikut resep nasi tumpeng sederhana.
Resep Nasi Tumpeng Sederhana
Resep Nasi Tumpeng Sederhana

Bahan-bahan nasi tumpeng

- 1 liter beras putih
- 750 cc santan kelapa
- 100 cc air matang
- 2 lembar daun salam
- 3 lembar daun jeruk
- 3 cm kunyit
- 1 batang serai
- 1 sdm jeruk nipis
- Garam secukupnya

Bahan pelengkap

- Ayam goreng
- Telur dadar
- Sambal
- Kering tempe
- Perkedel

Baca juga : Resep nasi bakar teri medan 

Cara membuat nasi tumpeng

- Campurkan santan dengan garam, daun jeruk, serai air kunyit (campuran perasan jeruk, batang serai yang dimemarkan dan parutan kunyit dengan 100 ml air dan disaring) dan juga daun salam aduk hingga semuanya rata
- Masukan beras yang telah dicuci bersih, rebus hingga mendidih dan angkat setelah santan agak mengering.
- Setelah direbus, kemudian nasi anda kukus selama kurang lebih 35 menit
- Setelah matang sempurna, tuangkan nasi ke dalam wajah wakul
- Anda bentu kerucut menggunakan cetakan atau daun pisang
- Setelah itu sajikan nasi tumpeng bersama dengan bahan lauknya yaitu bahan pelengkap seperti ayam goreng, telur dadar, sambal kering, berkedek dan lain sebagainya. Anda juga bisa menghiasinya dengan tomat dan berbagai sayuran.

Demikianlah resep nasi tumpeng sederhana. Bagaimana sahabat mudah sekali bukan untuk membuat nasi tumpeng. Silahkan mencoba, untuk resep lainnya anda bisa membacaya disini. Semoga resep diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Nasi Tumpeng Sederhana