Situs tentang informasi kumpulan resep masakan yang enak dan nikmat. berbagai resep makanan dan minuman terbaik bisa kamu temukan disini.

Resep Membuat Tempe Bacem

Resep membuat tempe bacem. Tempe merupakan salah satu masakan khas Indonesia. Ya semua orang pasti kenal dengan bahan makanan yang satu ini. Bahan makanan yang terbuat dari bahan dasar kedelai ini memang disukai banyak orang dan kita bisa menjumpai makanan ini di warung-warung makan terdekat. Selain itu karena harganya juga sangat murah menjadikan tempe sebagai salah satu makanan favorit kebanyakan orang.

Tempe merupakan bahan makanan yang bisa di olah menjadi berbagai jenis makanan. Namun dalam kesempatan kali ini cemilan rakyat akan membahas resep tempe bacem. Tempe bacem biasanya di masak bersama dengan rekannya yaitu tahu bacem, ya kedua sejoli ini memang sulit untuk dipisahkan. Jika dulu tahu tempe hanya dipandang sebelah mata, namun kini penelitian menunjukan jika kedua bahan makana tersebut sangatlah menyehatkan bagi tubuh kita.

Tahu dan tempe terbuat dari kedelai yang mengandung banyak kalsium, zat besi, vitamin B dan antibiotika alami ini sangat baik untuk tubuh kita. Bahkan di luar negeri tahu tempe merupakan makanan mewah dengan harga yang sangat tinggi, jadi bersyukurlah kita yang tinggal di Indonesia, karena di Indonesia tahu tempe bisa kita dapatkan dengan harga sangat murah.

Nahh sahabat sudah cukup ya berbicara tentang tahu tempe. Sekarang kita kembali ketopik awal yaitu cara membuat tempe bacem. Bagaimana caranya yuk kita simak resep membuat tempe bacem.
Resep Membuat Tempe Bacem

Bahan-bahan tempe bacem

- 300 gram tempe potong sedang
- 600 ml air kelapa
- 1 batang serai
- 3 lembar daun salam
- 1 sendok makan air asam jawa
- Kecap manis secukupnya
- Gula merah secukupnya
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya
- Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu

Bahan bumbu yang dihaluskan

- 8 butir bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 2 butir kemiri sangrai
- 1 sendok teh ketumbar

Cara membuat tempe bacem

- Panaskan wajan yang telah berisi minyak
- Goreng tempe yang telah dipotong-potong hingga setangah matang angkat tiriskan
- Tumis bumbu halus hingga tercium harum
- Masukan daun salam dan batang serai hingga layu
- Tuangkan air kelapa dan masak hingga mendidih
-  Masukan tempe yang tadi telah di goreng kedalam bumbu air kelapa
- Masukan kecap manis, gula merah, garam, dan menyedap rasa
- Aduk-aduk hingga semua rata
- Masak hingga kuah menyusut dan meresap
- Tempe bacem siap untuk disajikan

Demikianlah resep membuat tempe bacem. Bagaimana sahabat mudah sekali bukan untuk membuat tempe bacem. Baca juga resep membuat tahu bacem. Semoga resep diatas bermanfaat. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Membuat Tempe Bacem